5 Game Tradisional Anak Paling Populer di Indonesia

5 Game Tradisional Anak Paling Populer di Indonesia

Blog

5 Game Tradisional Anak Paling Populer di Indonesia – Indonesia menjadi negara yang terkenal kaya akan kebudayaanya, serta memiliki keunikan tersendiri. Salah satu kebudayaan Indonesia yang memiliki berbagai ragam yaitu permainan tradisionalnya. Di antaranya terdapat permainan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur, Jawa Barat, dan permainan khas Sunda yang pernah populer. Namun, sekarang ini permainan tradisional sudah jarang dimainkan. Anak-anak lebih memilih menggunakan smartphone daripada bermain di luar bersama anak lainnya.

Meskipun sudah jarang, bahkan mungkin terancam punah, tetapi lima permainan yang akan kami jelaskan di bawah ini pernah menjadi permainan yang paling populer di negeri ini. Apa saja permainan tersebut? Mari simak ulasan berikut, namun sebelum Anda mengeahui informasi mengenai game anak Anda juga perlu tahu mengenai permainan game online terbaik seperi gam Joker Gaming.

  1. Petak Umpet

Dalam permainan ini, Anda harus mengumpulkan lebih dari dua orang. Cara bermainnya juga sangat mudah. Dalam permainan ini dibutuhkan satu orang untuk dijadikan sebagai penjaga. Sedangkan pemain lainnya harus bersembunyi. Kemudian si penjaga akan mencari para pemain yang hilang. Dalam bermain petak umpet harus ditentukan dahulu siapa yang menjadi penjaga dengan cara hompimpa.

  1. Kelereng atau Gundu

Anak jaman sekarang mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana cara memainkan game tradisional anak yang satu ini. Kelereng atau gundu merupakan kaca bening yang berbentuk bulat dan biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Cara bermain kelereng juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyentil kelereng yang Anda miliki hingga mengenai kelereng lawan.

  1. Lompat Tali

Tali yang digunakan dalam permainan ini biasanya terbuat dari karet yang disambungkan satu persatu sehingga menjadi panjang. Ujung karet diikat dan siap digunakan untuk bermain lompat tali. Permainan tradisional ini biasanya dimainkan oleh lebih dari dua orang. Dipilih dua orang yang akan bertugas memegang tali. Seandainya tidak ada yang menjadi pemegang tali, maka tali tersebut bisa diikatkan pada tiang atau pohon.

  1. Engklek

Game tradisional anak yang keempat yaitu engklek. Permainan legenda ini merupakan salah satu permainan tradisional yang hingga saat ini masih sering dimainkan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda, tetapi cara memainkannya tetap sama. Engklek dapat dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki, bisa dimainkan oleh dua orang saja maupun maksimal lima orang. Jika terlalu banyak yang ikut bermain, pemain akan bosan menunggu, karena permainan ini dimainkan secara bergiliran.

Itulah beberapa jenis game tradisional anak yang ada di Indonesia dan pernah populer pada zamannya. Ajak anak Anda memainkan lagi permainannya, agar tak lekang dimakan waktu.